Game

SHIN GUNDAM MUSOU (PS3 / PSVITA)

Bandai Namco kembali bekerjasama dengan Koei Tecmo menghadirkan seri Gundam Musou dengan judul Shin Gundam Musou (真.ガンダム無双), merupakan produk ke-4 dalam seri Gundam Musou dan dirilis di Jepang pada tanggal 19 Desember 2013. Meskipun demikian, Shin Gundam Musou tidak bisa dibandingkan dengan seri pendahulunya, Gundam Musou 3, karena memiliki banyak perbedaan. Versi terjemahan bahasa Inggris diprediksi untuk rilis pada bulan Juli 2014 dengan judul Dynasty Warriors Gundam Reborn.

Jika sebelumnya Gundam Musou 3 mencoba terobosan baru menggunakan 3D cell shading animation, Shin Gundam Musou kembali menggunakan 3D computer graphic dengan engine yang sama dengan engine yang digunakan untuk Dead or Alive 5 dan Shin Sangoku Musou 7. Shin Gundam Musou kembali menghadirkan Official Mode setelah sempat hilang di Gundam Musou 3. Tidak hanya menghadirkan kisah dari First Gundam, Zeta (movie edition), Char’s Counterattack, dan Unicorn, tetapi juga kisah dari luar dunia Universal Century seperti SEED dan SEED DESTINY dengan lebih dari 120 unit yang muncul, termasuk unit baru dalam seri Gundam Musou dan Mobile Armor (MA) yang kini bisa digunakan.

Salah satu fitur baru adalah Charge Shot yang dapat dikeluarkan dengan menekan lama tombol △. Dalam pertempuran menghadapi MA, sistem Lock On sangat berguna dan mempermudah permainan. Fitur Combination Assault dihilangkan dan diganti dengan fitur Burst System. Skill pilot seperti “Newtype” dan “SEED” kini sangat memberi efek jika digabungkan dengan skill unit seperti “Bio Sensor” dan “Neutron Jammer Canceller”. Sistem peningkatan kekuatan unit dilakukan dengan memasangkan pasrt yang didapat dalam pertempuran. Pemain bisa lebih mudah mengumpulkan parts di Ultimate Mode tidak hanya untuk meningkatkan kekuatan unit tetapi juga kekuatan senjata yang digunakan.

Shin Gundam Musou memberi perasaan “membantai” musuh menjadi lebih menyenangkan dengan kemunculan musuh yang banyak dan tidak adanya “pop-up”, bahkan di versi PS Vita sekalipun. Pilihan MS yang bisa digunakan cukup banyak dan setiap MS memiliki ciri khas masing-masing, membuat mendalami dan memperkuat MS yang ada tidak terlalu membosankan. Dari segi grafik, tidak ada komplain yang berarti karena semua unit digambarkan dengan cukup detil. Official Mode yang dihadirkan kembali merupakan langkah yang bagus bagi Bandai Namco, karena banyak fans Gundam yang ingin memainkan game sampai menikmati kembali kisah dari seri-seri favorit mereka dan mengetahui seri-seri yang belum pernah mereka saksikan. Ultimate Mode menjadi mode lain yang bisa dimainkan, dimana pemain bisa menikmati permainan dengan cross over karakter dari berbagai seri Gundam yang ada di dalam game ini sambil menikmati original story yang diceritakan dalam mode ini. Secara gameplay, bisa dikatakan menyenangkan jika main hanya untuk menamatkan saja, tetapi jika berniat untuk mengumpulkan semua trophy, maka permainan yang repetitif dan memakan waktu yang tidak sebentar bisa dengan mudah membuat pemain jenuh dan bosan.

Game ini juga memiliki berbagai kekurangan jika dilihat dari sudut pandang fans Gundam. Dimulai dari tidak ratanya jumlah unit dari masing-masing seri yang muncul, menimbulkan perasaan adanya perlakuan khusus untuk seri-seri tertentu. Kemudian, seri-seri yang muncul dalam game ini belum mewakilkan dunia Gundam secara keseluruhan. Sebagai contoh, kenapa 0083 selalu menjadi seri side story yang dimunculkan, bagaimana dengan 08th MS Team dan Astray? Tidak sedikit fans yang mengharapkan seri itu dimunculkan dalam seri Musou. Jumlah seri yang bisa dimainkan dalam Official Mode juga terlalu sedikit. Kenapa tidak ada ZZ? Apakah karena adanya seri Z versi movie? Banyak sekali seri yang lebih ingin dimainkan selain seri-seri yang ditawarkan. Kekecewaan yang paling besar adalah unit-unit yang menarik seperti Full Armor Unicorn Gundam dan MS dari seri Endless Waltz hanya tersedia dalam bentuk DLC dengan harga yang tinggi.

Gameplay 7 / 10
Graphic 8 / 10
Sound 8 / 10
Overall 7.7 / 10

Text by Aditya Rai

Related posts