Pick-Up Topics

K-Pop unggul dari J-Pop, benarkah demikian?

Tidak bisa dipungkiri, pop culture Korea yang lebih sering dikenal K-Pop, memiliki pengaruh yang sangat besar di berbagai negara termasuk di Indonesia. Jumlah penikmat lagu dan drama Korea juga memperlihatkan penambahan jumlah yang signifikan. Hal ini menyebabkan “K-Pop Boom” menjadi sebuah fenomena yang dianggap biasa. Bahkan penayangan drama Korea di TV juga sudah menjadi hal yang lumrah. Sebelum K-Pop menjadi fenomena di Indonesia, sebenarnya pop culture Jepang atau yang sering disebut J-Pop, sudah lebih dahulu pernah menjadi fenomena di Indonesia dengan pemutaran berbagai drama Jepang di tahun 1990-an, belum termasuk berbagai anime dan tokusatsu yang menjadi hiburan anak-anak pada tahun 1980-an. Tetapi jika dibandingkan dengan K-Pop, fenomena J-Pop seringkali dikatakan tidak sebesar dan sekuat K-Pop.

Pro dan kontra antara penggemar J-Pop dan K-Pop sempat terjadi sehingga menjadi dua kubu yang saling membandingkan serta tidak jarang juga terjadi saling menghina. Meskipun hal ini lambat laun mulai berkurang, pada kenyataannya masih ada yang membandingkan dan hanya melihat hal-hal negatifnya saja. Kesulitan untuk memberikan penjelasan ke masing-masing kubu adalah tidak ada keinginan untuk mengetahui lebih dulu apa yang mereka anggap negatif tersebut, dan berbagai pemikiran yang dimilikinya hanya sekedar dari pembicaraan orang atau hanya melihat dari kulit luarnya saja. Sejalan dengan waktu, mulai banyak juga orang yang bisa menikmati keduanya tanpa menjatuhkan satu sama lainnya dan kini keadaan berbalik banyak yang mempertanyakan daya tarik J-Pop.


Tokyo Love Story, pelopor booming drama Jepang di Indonesia.

Saat ini di lini media sosial banyak sekali pendapat yang menganggap K-Pop lebih superior daripada J-Pop. Apakah demikian? Untuk mencari kebenaran dari pendapat tersebut, kita rinci pendapat yang paling banyak ditemukan terkait J-Pop, beserta penjelasan dan jawaban dari testimonial dan penjelasan orang-orang penikmat pop culture Jepang dan Korea, penggemar J-Pop di Korea, dan orang Korea yang tinggal di Jepang. Sebagai catatan, artikel ini lebih berat ke arah J-Pop secara umum tanpa melibatkan anime dan manga.

Related posts

Leave a Comment