Nihongo Travel & Culture

Haruskah belajar Jepang jika menonton Anime?

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau anime dan manga menjadi pop-culture Jepang yang paling banyak menjadi alasan generasi muda di Indonesia tertarik dengan negara Jepang dan mempelajari berbagai hal mengenai negara matahari terbit tersebut, termasuk bahasanya. Tetapi apakah perlu belajar bahasa Jepang jika memiliki hobi menonton anime? Dan yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah baik belajar Jepang dengan dari menonton Anime?

Pada dasarnya bahasa Jepang bisa dipelajari oleh siapapun, tidak ada yang melarang untuk mempelajari bahasa Jepang, apapun alasan dan cara belajar yang dipilih untuk mempelajarinya. Hanya saja ada kekhawatiran yang biasanya timbul terhadap orang-orang yang belajar bahasa Jepang dari anime, di antaranya adalah karena bahasa Jepang yang digunakan di anime adalah bahasa Jepang yang casual dan biasanya tidak sopan jika digunakan dalam kondisi atau lingkungan formal, sehingga harus bisa membedakan bahwa semua yang dipelajari melalui anime tidak akan mengajarkan bahasa Jepang secara keseluruhan.

Kemudian kekhawatiran lain yang seringkali muncul adalah orang-orang yang menonton banyak anime terkadang akan menggeneralisir kehidupan di Jepang seperti yang digambarkan di anime, sehingga saat melihat kenyataan kehidupan di Jepang seringkali tidak sesuai ekspektasi dan kecewa. Karenanya, disarankan jika berencana untuk pergi ke Jepang, maka ada baiknya untuk membaca berbagai panduan perjalanan dan kehidupan di Jepang karena semuanya tidak sesempurna yang digambarkan di anime.

Kembali lagi ke permasalahan apakah baik mempelajari bahasa Jepang dari anime? Pada kenyataannya, menonton drama dan anime menjadi salah satu metode paling ampuh untuk belajar bahasa Jepang, terutama saat berusaha mengerti cerita tanpa menggunakan subtitle.

Adapun keuntungan menonton drama dan anime adalah:

– Menyesuaikan telinga kita ke bahasa Jepang dengan mendengarkan penutur asli.
– Meningkatkan perbendaharaan kosakata dalam bahasa Jepang.
– Meningkatkan pemahaman dengan pendengaran yang terkait dengan dialog dalam drama dan anime.
– Memungkinkan untuk mendengar bahasa yang digunakan dalam konteks yang disampaikan.
– Bisa belajar secara pasif sambil bersenang-senang.

Jadi, apakah baik jika belajar bahasa Jepang dari anime?
Selama konteksnya benar dan bisa membedakan antara kenyataan dan anime maka cara belajar ini bisa menjadi metode yang sangat baik untuk mempelajari bahasa Jepang.

Related posts

Leave a Comment