Pick-Up Topics

Berapakah harga rumah Nobita di dunia nyata?

Rumah tempat tinggal Nobita seakan sudah menjadi ikonik dari anime Doraemon. Selain sebagai rumah yang terlihat nyaman, rumah dengan berbagai ruangan bernuansa Jepang ini banyak diidamkan oleh penonton Doraemon di luar Jepang. Tidak sedikit fan manga dan anime Doraemon beranggapan rata-rata orang Jepang memiliki rumah seperti itu sebagai tempat tinggalnya. Tetapi yang perlu kita ingat adalah rumah Nobita terletak di kota Tokyo, dimana memiliki rumah pribadi di Tokyo sangatlah sulit karena harganya yang sangat tinggi. Tinggal di apartemen dan rumah susun di wilayah Tokyo sudah menjadi hal yang lumrah sebagai imbas dari harga tanah dan rumah di wilayah metropolitan ini yang semakin melambung tinggi.

Tergelitik sebuah pertanyaan yang cukup melahirkan keingintahuan para fans, “berapakah harga rumah Nobita jika ada di dunia nyata?”. Untuk itu, mari kita kupas satu per satu. Jika melihat lokasi yang diperlihatkan dalam manga maupun anime, rumah Nobita kemungkinan terletak di daerah Tsukimidai yang termasuk ke dalam distrik Nerima di kota Tokyo.

Jika dilihat dari bentuk, luas, dan besarnya, rumah Nobita memiliki tipe 3LDK atau 4LDK, istilah yang biasa digunakan di Jepang berdasarkan banyak ruang dan fungsinya. 3LDK adalah tipe rumah dengan 3 kamar plus ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Sedangkan 4 LDK adalah tipe rumah dengan 4 kamar plus ruang tamu, ruang makan, dan dapur.

Dengan melihat data biaya yang dikeluarakn pengembang perumahan di Jepang, jika membangun rumah tipe itu di daerah Tsukimidai saat ini (tahun 2020), maka harganya bisa mencapai 78.920.000 yen!! Jika dikalikan dengan kurs yen 1 Yen = Rp.130,- maka harga rumahnya setara Rp.10.259.600.000. Mungkin bagi kita yang tinggal di Indonesia akan terhenti sampai angka ini saja, tetapi yang perlu diingat lagi adalah harga itu adalah harga untuk jaman sekarang. Berbeda dengan Indonesia, harga tanah dan rumah di Jepang sebenarnya mengalami penurunan nilai dibandingkan dengan tahun 1980 hingga awal 1990 yang dikenal dengan “bubble jidai” dimana saat itu bisa dikatakan semua orang Jepang menjadi kaya karena harga tanah yang melambung tinggi. Saat itu, diperkirakan untuk rumah seperti rumah Nobita memiliki harga sekitar 100.000.000 yen.

Namun, kisah Doraemon dibuat pada rentang waktu akhir tahun 1960-an dan tahun 1970-an di Jepang. Orang Jepang yang membangun rumah di awal tahun 70-an di daerah semi-pedesaan Jepang hanya membutuhkan 25.000.000 yen untuk akuisisi awal untuk mendapatkan sebuah rumah yang jauh lebih besar baik dalam bangunan maupun tanah dibandingkan dengan rumah Nobita. Jika mempertimbangkan nilai tersebut dengan harga tanah yang jauh lebih tinggi di Tokyo serta tanah dan bangunan yang lebih kecil, maka bisa diperkirakan harga yang harus dibayarkan oleh ayah Nobita adalah antara 25.000.000 yen hingga 35.000.000 yen. Jangan lupa ini nilai uang 50 tahun yang lalu, dimana saat ini setara dengan 50.000.000 yen hingga 65.000.000 yen. Dengan data yang didapat ini, maka bisa diperkirakan juga ayah Nobita adalah pegawai tingkat manager junior atau menengah di sebuah perusahaan yang relatif makmur, untuk bisa memenuhi syarat untuk pinjaman jangka panjang dari bank-bank terkemuka di Jepang.

Related posts

Leave a Comment