Pick-Up Topics Travel & Culture Video

Explore FUKUOKA: Fukuoka Airport

Bandara Fukuoka (福岡空港, Fukuoka Kūkō) (IATA: FUK, ICAO: RJFF) yang sebelumnya dikenal sebagai Pangkalan Udara Itazuke, adalah bandara internasional dan domestik yang terletak timur Stasiun Hakata di wilayah Hakata-ku, Fukuoka, Jepang.

Bandara Fukuoka adalah bandara utama di pulau Kyushu dan merupakan bandara penumpang tersibuk keempat di Jepang. Pada tahun 2017, bandara ini menjadi bandara dengan landasan pacu tunggal keempat tersibuk di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang setelah Mumbai, London–Gatwick dan stanbul-Sabiha Gökçen. Bandara ini dikelilingi oleh daerah pemukiman dan aktifitas penerbangan berhenti pukul 10 malam atas persetujuan dan permintaan penduduk setempat dan kembali beroperasi pada pukul 7 pagi. Terminal domestik terhubung ke kota oleh kereta bawah tanah kota Fukuoka.

Yang menjadi nilai tambah dari bandara ini adalah waktu tempuh dari bandara ke pusat kota maupun sebaliknya yang tidak memakan waktu lama sehingga tidak menyita waktu serta stamina wisatawan yang datang. Dengan menggunakan kereta bawah tanah, perjalanan dari bandara ke kawasan bisnis kota Fukuoka hanya memakan waktu kurang dari sepuluh menit. Selain kereta, akses yang disediakan di bandara ini adalah bus terjadwal yang bisa membawa penumpang ke Stasiun Hakata dan daerah Tenjin.

SXecara keseluruhan, Bandara Fukuoka terdiri dari empat lantai. Lantai pertama menjadi tempat kedatangan, yang mencakup area pengambilan bagasi dan pilihan transportasi darat, di antaranya bus, bus antar-terminal gratis, taksi, dan penyewaan mobil. Layanan yang tersedia di sini adalah ATM, toilet, telepon umum, ruang ganti, meja informasi, kotak pos, pojok internet, pusat keamanan dan kantor pelaporan bagasi yang hilang dan ditemukan, kamar ibu menyusui, pengisi daya baterai ponsel, ruang merokok, dan kereta bagasi.

Lantai kedua merupakan lantai yang menjadi lobi bagi penumpang yang transit dan menjadi tempat dimana beberapa layanan utama seperti imigrasi, karantina, ruang konsultasi, dan ruang tunggu berbayar berada.

Lantai ketiga merupakan tempat gerbang dan area boarding berada sehingga bisa dikatakan sebagai area paling banyak orang lalu lalang. Adapun layanan yang bisa ditemukan di lantai ini antara lain konter maskapai, ATM, kamar ibu menyusui, telepon umum, ruang ganti, toilet, ruang merokok, kotak opini, pengisi daya baterai ponsel, kios, pojok internet, toko bebas pajak, pojok anak-anak, dan ruang tunggu bandara.

Di lantai keempat ada dek observasi dimana bisa melihat pesawat-pesawat yang tinggal landas dan mendarat secara leluasa. Biasanya menjadi tempat bagi penggemar pesawat terbang menghabiskan waktunya di sini. Adapun layanan yang ada di lantai ini antara lain toilet, tempat makan dan minum, area merokok, kotak opini, mushola, dan charger baterai ponsel. Berbagai restoran baik masakan Jepang dan internasional bisa ditemukan di sini, sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati santapan lezat sambil menunggu waktu keberangkatan pesawat.

Related posts

Leave a Comment