Global Game Business Summit 2016, sesi baru di TGS 2016
Tokyo Game Show 2016 yang diorganisir oleh CESA (Computer Entertainment Supplier’s Association) dan Nikkei BP mengumumkan TGS Forum 2016 dan Global Game Business Summit 2016 sebagai sesi baru dalam acara Tokyo Game Show yang akan diadakan pada Business Day tanggal 16 September 2016 (Jumat). Dalam TGS Forum 2016 akan diadakan 3 sesi untuk para expert yang terdiri dari sebuah seminar speisal dan 4 sesi sponsor.
Tahun ini mejadi tahun pertama diadakannya Global Game Business Summit 2016 yang memungkinkan para perusahaan top dalam industri game dari seluruh dunia untuk mendiskusikan trend global pasar game. Hingga tahun lalu, berbagai diskusi dirasa masih terbatas di region Asia saja, tetapi kali ini lingkupnya diperluas hingga menjangkau seluruh dunia.
Tiga sesi untuk expert ini dibagi menjadi 3 elemen industri game, yaitu Game Trends, Game Marketing, dan Game Technology. Simposium dan diskusi akan dikembangkan oleh para pemimpin yang sudah ahli di bidangnya yang diundang langsung untuk acara ini, Di hari yang sama akan diadakan seminar bertajuk Female Participation Promotion Seminar dimana akan dipaparkan berbagai konsep untuk mengembangkan ruang kerja yang memudahkan kaum wanita untuk bekerja.
Adapun jadwal dari Experts Sessions Program adalah:
A. Game Trend Sessions (3F, Conference Room 301)
“Latest Development of the e-Sports Market – Raising Market Expansion Expectations and Obstacles that Must be Overcome -”
e-Sports yang ditujukan pada olahraga atau kompetisi video game dimana melibatkan banyak pemain berkompetisi. Sudah ada banyak turnamen dengan hadiah uang cash dan mencetak gamer profesional. Potensi dan e-Sports dengan cara baru untuk mengembangkan lingkup pasar dan berbagai kendalanya di masa depan dalam pasar Jepang akan didiskusikan di sini.
Simposium dan diskusi panel:
- Koichi Sugiyama (CAPCOM CO.,LTD., Development Department 2, Development Division 1, Produser)
- Yuito Kimura (Cygames Executive Director & General Producer)
- Seita Kadosawa (Fuji Television Business Development & Enterprises Dept.Media Development Center Pay TV Division Department Chief)
- Moderator: Tetsuro Ito, Associate Editor for Nikkei BP, Nikkei Entertainment.
B. Game Technology Session (2F, Conference Room 201)
“The New Age of Games Using VR and AR”
“Virtual Reality (VR)” dan (Augmented Reality (AR)” telah menarik banyak perhatian dalam industri game. 2016 dikatakan sebagai tahun pertama dari VR dengan banyaknya Head Mount Displays (HMD) untuk VR dan game untuk VR yang telah rilis. AR juga mendapatkan perhatian khusus dengan hits-nya Pokemon GO. Dalam sesi ini akan didiskusikan kesenangan dan bagaimana mengembangkan game baru menggunakan 2 teknologi tersebut.
Simposium dan diskusi panel:
- Junichiro Koyama (Executive Producer, Bandai Namco Entertainment, AM Business Unit)
- Yukiharu Tamiya (Produce Section 1 Manager, Bandai Namco Entertainment, Planning and Development Department 1)
- Moderator: Tadashi Nezu, Reporter for Nikkei BP, NIKKEI ELECTRONICS
C. Digital Marketing Session (3F, Conference Room 301)
“Ways to Thoroughly Utilize Digital Marketing – Methods for Utilizing Recommendations and Social Media to Maximize the Effects of Small Budgets -”
Untuk membuat game yang bisa menjual di era dimana banyak judul game sudah rilis, dibutuhkan digital marketing yang dapat meciptakan hasil yang memuaskan dengan menggunakan dana yang sedikit. Perkembangan terakhir dan prospek masa depan dari teknik digital marketing akan diperkenalkan termasuk berbagai rekomendasi untuk memaksimalkan penggunaan teknik ini.
Simposium dan diskusi panel:
- Hajime Sato (DeNA Co.,Ltd., Japan Region Game Business Unit, Publicity Dept., Senior Marketing Producer)
- Yamato Muraoka (Allied Architect, Marketing Division, AD-Tech Business Department Director)
- Moderator: Junpei Furuhata, Associate Editor for Nikkei BP, Digital Marketing
Sesi ini tentunya sangat bermanfaat untuk mendapatkan banyak ilmu dari para ahli yang sudah lama berkiprah di bisnis video game. Semua pelaku usaha bisnis ini bisa mengikuti sesi ini, tetapi untuk dapat mengikuti sesi yang terbatas ini dibutuhkan biaya keikutsertaan sesar 20.000 hingga 25.000 yen.
(c) 2002-2016 CESA / Nikkei Business Publications, Inc. All rights reserved.
Text by Aditya Rai