Pick-Up Topics Travel & Culture Video

Fukuoka, tujuan wisata unik saat mengunjungi Jepang

Fukuoka adalah kota Kyushu terbesar dan salah satu dari sepuluh kota terpadat di Jepang. Karena kedekatannya dengan daratan Asia, yang bahkan jaraknya lebih dekat ke kota Seoul daripada ke Tokyo, Fukuoka telah menjadi kota pelabuhan penting selama berabad-abad dan dipilih oleh pasukan invasi Mongol sebagai titik pendaratan mereka pada abad ke-13. Bahkan hingga kini, Fukuoka menjadi salah satu tujuan wisata yang paling dikunjungi wisatawan dari Asia, terutama Korea dan China. Fukuoka sebagai kota dan wilayah yang “compact”, memiliki banyak tempat wisata unik yang bisa dikunjungi baik wisata alam maupun wisata kota-nya. Fukuoka juga memiliki pendekatan dengan sub culture dan pop culture Jepang yang dekat dengan anak muda seperti budaya Idol, anime, manga, dan game.

Fukuoka yang ada saat ini adalah hasil perpaduan dua kota di tahun 1889, ketika kota pelabuhan Hakata dan bekas kota kastil Fukuoka disatukan menjadi satu kota yang disebut Fukuoka. Meskipun Hakata tetap menjadi nama salah satu distrik pusat Fukuoka dan stasiun kereta api utama. Fukuoka dulunya adalah kediaman daimyo yang berkuasa di Provinsi Chikuzen, dan memainkan peran penting dalam sejarah abad pertengahan Jepang. Kuil Tokugawa Ieyasu yang terkenal di distrik itu dihancurkan oleh api selama Perang Boshin tahun 1868.

Kota modern dibentuk pada tanggal 1 April 1889, dengan penggabungan bekas kota Hakata dan Fukuoka. Secara historis, Hakata adalah kawasan pelabuhan dan pedagang, dan lebih terkait dengan budaya daerah tersebut dan tetap menjadi kawasan komersial utama saat ini. Di sisi lain, daerah Fukuoka adalah rumah bagi banyak samurai, dan namanya telah digunakan sejak Kuroda Nagamasa, daimyo pertama Provinsi Chikuzen, menamainya sesuai dengan tempat kelahirannya di Prefektur Okayama dan “Fukuoka lama” adalah area perbelanjaan utama, sekarang disebut Tenjin.

Ketika Hakata dan Fukuoka memutuskan untuk bergabung, sebuah pertemuan diadakan untuk memutuskan nama kota baru. Hakata awalnya dipilih, tetapi sekelompok samurai membatalkan pertemuan tersebut dan memaksa mereka yang hadir untuk memilih Fukuoka sebagai nama kota gabungan. Namun, Hakata masih digunakan untuk merujuk ke wilayah Hakata kota dan, sebagian besar terkenal, untuk merujuk pada stasiun kereta kota, Stasiun Hakata, dan dialek Hakata-ben.

Related posts

Leave a Comment